Dibaca 643 kali
...
no tags
Anggarini Paramita
15 January 2018

Jakarta, GoHitz.com – Tahun 1980-an bukan dsaja dikenal sebagai tahun gaul dan penuh warna. Era itu juga dipenuhi sejumlah film-film ternama yang pernah menjadi tonggak keemasan perfilman Indonesia. Berikut ini lima film yang pernah hitz di tahun 1980-an.

1. “Pengabdi Setan”

Foto: dewipuspasari wordpress

Jauh sebelum versi remake Joko Anwar yang super seram, film horror “Pengabdi Setan” pertama tayang perdana pada tahun 1980. Film yang dibintangi HIM Damsyik, Ruth Pelupessy, dan W.D Mochtar ini pernah menjadi film paling hitz bukan hanya di Indonesia, namun menggema hingga internasional.

2. “Maju Kena Mundur Kena”

Foto: YouTube

Film tahun 80-an lainnya yang pernah hitz adalah film Warkop DKI “Maju Kena Mundur Kena”.  Film komedi yang dibintangi trio komedian nasional Dono, Kasino dan Indro pernah hitz di masanya dan sempat diremake ulang pada tahun 2016 dengan judul “Maju Kena Mundur Kena Returns”.

3. “Nagabonar”

Foto: Twitter

Film komedi Indonesia lainnya yang pernah hitz di tahun 1980-an adalah “Nagabonar”. Film yang dibintangi oleh aktor senior Deddy Mizwar itu pernah ngehitz dan dibuatkan sekuelnya pada 2007 dengan judul “Nagabonar Jadi Dua” yang berhasil memboyong piala Citra di tahun tersebut.

4. “Catatan Si Boy”

Foto: infodarisr blogspot

Sebelum film-film romansa remaja seperti “Surat Cinta Untuk Starla” menjamur seperti sekarang, Indonesia pernah menyaksikan film remaja paling hitz di tahun 1980-an yaitu “Catatan Si Boy”. Film yang dibintangi ikon remaja saat itu Onky Alexander dan Meriam Bellina ini sangat digemari hingga pernah dibuatkan film spin-offnya yakni “Catatan Si Emon” yang dibintangi Didi Petet.

5. “Tjoet Nja' Dhien”

Foto: alchetron

Akhir-akhir ini jarang sekali menemukan film kolosal epik setara “Tjoet Nja' Dhien” yang pernah menjadi film terbaik di masanya. Film kolosal besutan Eros Djarot dan dibintangi Christine Hakim dan Slamet Rahardjo itu pernah mengisahkan perjuangan pahlawan wanita asal Aceh Tjoet Nja' Dhien yang melawan penjajahan Belanda hingga titik darah penghabisan.

 

Teks : Aji Cakti
Editor : Paramita
Foto : Pelbagai sumber

Baca Juga




Baca Juga

6 Alasan Ini Bikin Kamu Harus Banget Nonton "Buffalo Boys"
18 07 2018
5 Film Laga Hollywood Yang Wajib Tonton Bulan Ini!
18 07 2018
Aktor "Black Panther" Akan Bermain Di "Frozen 2"
18 07 2018
5 Alasan Kenapa Harus Nonton Film "22 Menit"
17 07 2018