...
no tags
Maria Cicilia Galuh
7 August 2018

Jakarta, GoHit.com - Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI) bekerjasama dengan Bekraf, Motion Pictures Association (MPA) dan jaringan bioskop Indonesia meluncurkan kampanye anti pembajakan film. Kampanye ini sebagai bentuk sosialisasi pentingnya untuk menghargai hak kekayaan intelektual. 

Tahun ini iklan kampanye anti pembajakan film menggunakan Intelectual Property (IP) dari film Wiro Sableng yang diproduksi Lifelike Pictures. Nantinya iklan kampanye ini akan diputar di jaringan bioskop-bioskop Indonesia dan juga sosial media. 

"Salah satu hal yang kita temukan adalah pentingnya langkah sosialisasi anti pembajakan kepada masyarakat. Tahun lalu kita telah membuat iklan anti piracy dengan menggunakan IP film Filosofi Kopi. Tahun ini kita akan pakai IP film Wiro sableng untuk iklan anti pembajakan," ucap Ketua Umum APROFI, Fauzan Zidni saat berbincang dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (7/8).

Beberapa nama publik figur juga diajak untuk menjadi duta kampanye anti pembajakan, yaitu Vino G. Bastian, Jessica Veranda, dan Fariz Alfarizi. Sheila Timothy selaku produser Lifelike Pictures mengungkapkan, iklan kampanye anti pembajakan ini lebih bersifat himbauan kepada para penikmat film.

"Kita lebih menekankan pada himbauan untuk membangun kesadaran bahwa membajak itu tidak baik. Kita lebih mengencourage generasi muda mana yang baik dan tidak," ujar wanita yang akrab disapa Lala itu.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh LPEM UI dengan dukungan dari Bekraf, ditemukan fakta bahwa industri film Indonesia mengalami kerugian Rp1,495 triliun per tahun karena pembajakan. Sejak tahun 2015, APROFI dan MPA  telah melaporkan 510 website yang melanggar hak cipta kepada Kemenkumham dan telah dilakukan pemblokiran oleh Kemenkominfo.

Memang pada prakteknya ketika telah diblokir muncul lagi dengan konten yang sama. Harapan kita kedepan kalau konsisten melakukan itu, mereka akan kehabisan tenaga tidak bisa lagi mendapatkan pendanaan kemudian mati sendiri," jelas Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi Bekraf Ari Juliano Gema.

 

Teks : Yogi Rachman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Chairul Rohman

 

Baca Juga




Baca Juga

Vino G Bastian Gemas Lihat Pembajakan Film
7 08 2018
5 Film Indonesia Bertema Olahraga Ini Wajib Ditonton Lho!
8 08 2018
Livi Zheng Promosikan Gamelan Lewat Film "Bali: Beats of Paradise"
6 08 2018
"Sebelum Iblis Menjemput" Sajikan Kengerian Sepanjang Film
3 08 2018