Dibaca 677 kali
no tags
Fathur Rochman
10 April 2018

Jakarta, GoHitz.com - Mengenakan busana berbahan kain warisan nusantara (wastra) tak melulu selalu terkesan kuno, kaku ataupun  ketinggalan zaman. Dengan sedikit perubahan pada desain rancangannya, busana dengan material kain wastra bisa terlihat lebih modern, kekinian dan tentu saja fashionable.

Seperti koleksi dari lini busana "Dhara" ini. Dengan menggunakan material kain wastra seperti batik, tenun, maupun songket, rancangan yang dihasilkan terlihat kekinian, fresh dan bisa dikenakan oleh berbagai kalangan. 

Sang perancang, Dhara Wyardhiati memang memiliki misi untuk menjadikan busana dengan kain wastra terlihat lebih modern dan tidak ketinggalan zaman, tanpa harus menghilangkan filosofi yang terkandung di dalam kain wastra itu sendiri. 

"Saya melihat kain tradisional itu tidak harus dibuat dengan desain tradisional juga. Itulah yang membuat saya menjadi tertantang untuk membuat bagaimana caranya kain tradisional itu diolah menjadi lebih modern untuk dipakai sehari-hari. Dengan filosofi yang terkandung di dalam kain wastra saya ingin membuat sesuatu yang modern yang bisa diterima masyarakat," ucap Dhara saat berbincang dengan GoHitz di Galeri Marketing Prajawangsa City, Cijantung, Jakarta Timur.

Dalam merancang busana berbahan kain wastra agar tetap terlihat kekinian, Dhara banyak mengaplikasikan cutting-cutting yang unik. Misalnya saja, cutting dengan garis diagonal. 

Di samping itu, Dhara juga kerap memadu padankan kain wastra dengan kain polos tanpa motif. Hal itu dilakukan agar karya rancangannya tidak terkesan berat dan monoton. 

"Mengombinasikan bahan itu juga agar bahan baku tidak terlalu mahal, sehingga untuk harganya bisa dijangkau oleh berbagai kalangan," terang Dhara.

Kepada GoHitz, Dhara menampilkan 5 potong koleksinya. Sesi pemotretan dilakukan di area galeri Marketing Prajawangsa City. Koleksi-koleksi yang ditampilkan oleh Dhara tersebut bisa dilihat langsung di Fashion Legacy Lippo Mall Kemang ataupun di instagram @dhara.clothing. 

"Harganya berkisar dari Rp500 ribuan hingga jutaan, tergantung dari kerumitan teknik menjahitnya," pungkas Dhara. 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Paramita
Foto : Chairul Rohman

 

Baca Juga




Baca Juga

4 Artis Yang Selalu Bergaya Hypebeast, Gayanya Bisa Ditiru Lho!
28 07 2018
EZY Ankle Pants Hadir Dengan Motif & Warna Yang Lebih Beragam
28 07 2018
Ini Seragam Defile Atlet Indonesia untuk Pembukaan Asian Games 2018
27 07 2018
THE EXECUTIVE Jadi Official Partner Tim Indonesia Di Asian Games 2018
27 07 2018