no tags
Fathur Rochman
5 December 2017

Jakarta, GoHitz.com - Sejak dulu, perempuan-perempuan Jawa dikenal cantik dan juga anggun. Tak hanya karena parasnya, namun juga karena busana yang ditampilkan. Para perempuan Jawa identik dengan busana kebaya lengkap dengan balutan kain dan juga sanggul yang menghiasi kepala mereka. 

Tapi seiring berjalannya waktu, perempuan Jawa saat ini sudah mulai meninggalkan kebiasaan menggunakan kebaya dalam aktivitas sehari-hari. Banyak di antara mereka, terutama yang tinggal di kota-kota besar lebih memilih mengenakan busana yang lebih modern dan kekinian.

Bila pun masih ada, penggunaan busana kebaya yang lengkap dengan kain dan juga hiasan sanggul mungkin hanya bisa ditemukan pada acara-acara tertentu saja, seperti pernikahan dengan adat Jawa ataupun pada kegiatan upacara adat. 

Tidak ingin pamor busana kebaya semakin meredup, sekelompok perempuan berinisiatif untuk kompak mengenakan busana kebaya lengkap dengan balutan kain dan sanggul. Selain untuk melestarikan busana nasional, mereka tampil berkebaya dalam rangka peresmian Komunitas Pelestari Budaya, yang diadakan di Synthesis Residence Kemang,  Jakarta Selatan, beberapa waktu yang lalu. 

Mereka tampak anggun, cantik dan mempesona dengan balutan busana kebaya kutu baru, kain batik, selendang, sanggul, bros, sirkam dan hiasan bunga yang diselipkan disela-sela sanggul. Lalu, seperti apa keanggunan para perempuan tersebut dengan balutan busana kebaya lengkap dengan sanggul dan segala aksesorinya? Intip foto-fotonya berikut ini. 

 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Kahfie Kamaru

 

Baca Juga




Baca Juga

Jawhara Syar'i Tampilkan Koleksi Terbaru di Halal Expo Japan 2017
2 12 2017
Amithya Tampilkan Koleksi Bernuansa Natal di Opening Fashion Legacy Grand Boutique
1 12 2017
Koleksi Terbaru Kasha Terinspirasi Tarian Bedoyo
2 12 2017
Jawhara Syar'i Pamer Koleksi Terbaru Di Halal Expo Japan 2017
3 12 2017