no tags
Maria Cicilia Galuh
17 November 2017

Jakarta, GoHitz.com - Keindahan tenun Sumba memang tidak ada habisnya. Sudah banyak desainer yang mengeksplorasi kain tradisional yang proses pembuatannya sangat istimewa ini. Yang paling baru adalah karya dari desainer senior, Biyan Wanaatmaja.

Karya-karya Biyan tidak perlu diragukan lagi, pasti membuat orang yang melihatnya berdecak kagum. Begitu juga dengan Humba Hammu yang diperagakan di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Rabu (15/11). Humba Hammu sendiri berarti Sumba yang cantik. Tema koleksi yang dipilih oleh Biyan ini, memang benar-benar merepresentasikan karyanya.

Biyan mengeksplorasi kain tenun Sumba yang dijadikan sebagai bahan dasar gaun panjang serta kemeja, ataupun diolah kembali bersama material lain dengan teknik patchwork, seperti ciri khasnya. 

Desainer yang telah berkiprah lebih dari tiga dekade itu, tidak lupa menampilkan berbagai detil seperti bordir, beading, fringe, dan sulaman kerang untuk memperkaya cerita dan rasa pada tiap karyanya. Motif tenun yang ditampilkan pun sangat beragam salah satunya adalah motif kuda yang menjadi simbol kepemimpinan masyarakat Sumba.

Tenun Sumba yang memiliki karakteristik rustic dipadukan oleh Biyan dengan bahan-bahan luxurious seperti silk lame, jacquard ataupun katun. Semua itu diolah menjadi busana seperti jaket, coat, outer, blouse, dress, vest, jogger pants dan lainnya.

Biyan juga memasangkan kain Sumba pada banyak look dengan cara-cara yang tidak biasa dan dapat dijadikan inspirasi dalam pemakaian untuk acara yang lebih formal.

Ada lebih dari 50 look yang ditampilkan dengan warna-warna seperti merah, coklat, merah bata, tembaga, serta indigo. Sementara itu, tenun Sumba yang Biyan gunakan pada koleksi Humba Hammu berasal dari Pahipung, Maumere, Kanatang dan Sumba Barat.

 

Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Chairul Rohman
     

 

Baca Juga




Baca Juga

Intip Cantiknya Perempuan Bersanggul dengan Balutan Kebaya Kutu Baru
5 12 2017
Jawhara Syar'i Tampilkan Koleksi Terbaru di Halal Expo Japan 2017
2 12 2017
Amithya Tampilkan Koleksi Bernuansa Natal di Opening Fashion Legacy Grand Boutique
1 12 2017
Koleksi Terbaru Kasha Terinspirasi Tarian Bedoyo
2 12 2017