no tags
Aji Cakti
29 August 2017

Jakarta, Gohitz.com – Kesederhanaan suku Baduy di pedalaman Banten, banyak menginspirasi sebagian besar desainer ternama Indonesia, tak terkecuali Dian Oerip yang baru-baru ini menampilkan empat karya busana yang menggunakan kain Baduy.

“Keunikan dari kain Baduy yang pertama adalah sederhana, dari kesederhanaan itu muncul keunikan. Benangnya adalah benang kapas jadi nyaman untuk dipakai,” ujar Dian kepada Gohitz di Jakarta.

Dia juga menambahkan, selama dirinya membuat busana ready-to-wear dari bahan kain Baduy, banyak sekali konsumen yang menyukainya serta membeli koleksinya yang terbuat dari kain tersebut.

Terkait dengan dominasi warna-warna terang dalam fashion show-nya, Dian menjelaskan bahwa pemilihan warna-warna tersebut karena dikaitkan dengan musim panas atau summer yang berlangsung saat ini.

“Kalau warna-warna cerah pada kain ini yang Baduy sekarang-sekarang, mereka juga sebenarnya memiliki warna-warna alam di mana warnanya cenderung soft dan close. Cuma kali ini saya mengambil warna-warna terang karena dikaitkan dengan musim panas,” tutur Dian.

Dalam fashion show yang digelar di gedung Griya Balai Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI), Dian menampilkan empat busana elegan dan stylish namun tetap mempertahankan identitas etnik khas dari suku Baduy.

Teks : Aji Cakti
Foto : Chairul Rohman
Editor : Maria Cicilia Galuh

    

Baca Juga




Baca Juga

Gemerlap Busana Minang dalam Gelaran Indocraft 2017
17 11 2017
Humba Hammu Persembahan Biyan Untuk Melukiskan Kecantikan Sumba
17 11 2017
Pesona Batik Lukis dan Tenun Bali dalam Gelaran 50th Annual WIC Charity Bazaar
16 11 2017
Indocraft 2017 Hadirkan Ikon-ikon Desainer Etnik Tanah Air
15 11 2017