Dibaca 540 kali
...
no tags
Maria Cicilia Galuh
15 March 2018

Jakarta, GoHitz.com - Dewi Lestari baru saja merilis karya ke-12 berjudul "Aroma Karsa". Novelnya kali ini mengangkat tema aroma dan penciuman. 

Dewi Lestari yang memiliki nama pena Dee Lestari ini, mengatakan jika dirinya sudah lama berkeinginan untuk menulis sebuah buku fiksi dengan tema tersebut. Sebab menurutnya, indra penciuman memiliki efek yang kuat. 

"Saya tertantang bagaimana kalau saya membuat sebuah fiksi yang tema central-nya ada di penciuman. Pasti akan menjadi salah satu challenge yang menarik dan juga saya penasaran, bagaimana efeknya nanti terhadap pembaca," ungkap Dee dalam peluncuran "Aroma Karsa" di Le Seminyak, Cipete, Jakarta, Rabu (14/3).

Dalam menghasilkan setiap karya, tentu Dee mengalami beberapa kendala. Apalagi, dia harus memasukkan beberapa istilah kimia di dalamnya. 

"Ada macam-macam hal teknis walaupun sedikit, munculnya seperti detail tentang pembalap. Ada kerusakan kecil yang bisa dibaui lewat aroma gitu, itu setengah mati carinya. Tapi menurut saya, itu sebuah tantangan yang mengasyikan. Saya harus menggali berbagai macam pengungkapan untuk satu tindakan yang sama, karena kalau terus-menerus seperti itu, membosankan," jelas wanita kelahiran 20 Januari 1976 itu.

Novel bergenre science-fiction ini, bercerita tentang seorang perempuan bernama Raras Prayagung. Yang mengetahui bahwa Puspa Karsa yang dikenalnya sebagai dongeng, ternyata tanaman sungguhan yang tersembunyi di tempat rahasia. Obsesi Raras memburu Puspa Karsa, mempertemukannya dengan Jati Wesi.  

Jati Wesi adalah seorang pemuda yang memiliki penciuman luar biasa. Dia mendapat julukan sebagai 'Si Hidung Tikus' di TPA Bantar Gebang, tempatnya tumbuh besar. Jati memiliki beberapa pekerjaan, salah satunya adalah meracik parfum. Dari sinilah Jati akhirnya berkenalan dengan Raras. 

Jati akhirnya tidak hanya sekadar meracik parfum di perusahaan Raras. Tapi, dia justru terlibat semakin jauh dengan keluarga Prayagung dan Puspa Karsa. Namun, Jati juga jadi menemukan misteri tentang siapa dirinya di masa lalu yang selama ini masih abu-abu. 

"Aroma Karsa" bisa didapatkan mulai 16 Maret 2018 dengan harga Rp125 ribu di seluruh toko buku. Sebelumnya, "Aroma Karsa" sempat diterbitkan dalam bentuk cerita bersambung versi digital sejak 18 Januari 2018. 

 

Editor & Foto : Maria Cicilia Galuh
     
     

 

Baca Juga




Baca Juga

Jackie Chan akan Luncurkan Buku Memoar Never Grow Up
16 06 2018
5 Novel Cinta Islami Populer Ini Cocok untuk Menunggu Waktu Buka Puasa
30 05 2018
Marvel Akan Buat Komik Tentang Mentor Han Solo Muda
24 05 2018
Kisah Pahlawan Keumalahayati Dijadikan Komik
22 05 2018