...
no tags
Maria Cicilia Galuh
22 May 2018

Jakarta, GoHitz.com - Nusantara memiliki banyak kisah kepahlawanan yang berjuang secara heroik melawan penjajah. Salah satunya adalah sosok pahlawan perempuan  asal Aceh, Keumalahayati. Dia dikenal sebagai seorang Laksamana perempuan pertama yang gigih berjuang menjaga kedaulatan Tanah Airnya.

Hal tersebut menjadi inspirasi bagi Keana Films yang mengangkat kisah kepahlawanan Laksamana Keumalahayati ke dalam bentuk komik. Pembuatan komik ini digagas oleh aktris Marcella Zalianty yang mengaku ingin mengemas sejarah kepahlawanan lokal dengan cara kreatif seperti yang dilakukan Amerika melalui komik-komik kepahlawanannya yang mendunia.

"Saya terinspirasi melihat di Amerika ada komik Wonder Woman. Kita juga punya tokoh sejarah yang bisa kita kemas secara kreatif,"  ucap Marcella saat berbincang dalam acara peluncuran komik Keumalahayati di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (21/5).

Media komik sengaja dipilih oleh Marcella Zalianty dan tim dalam mengenalkan kisah kepahlawanan Keumalahayati. Tujuannya tentu agar generasi muda tertarik dan dapat menikmati sejarah dengan cara yang menyenangkan.

"Dengan komik mudah-mudahan bisa masuk ke generasi milenial. Karena kalau baca buku sejarah mereka akan cepat bosen," ujar Marcella.

Komik Keumalahayati ditulis oleh Edna Caroline Pattiasina dibantu oleh Habibie Yukezain sebagai tim riset. Ilustrasi dikerjakan oleh Ardian Syaf yang pernah menggarap komik superheroes legendaris dunia seperti Superman, Batman, Green Lantern, bersama Naka Abee, illustrator asal Jogjakarta.

Pembuatan komik Laksamana Keumalahayati ini juga mendapat dukungan penuh dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Dalam sambutannya, Triawan Munaf sebagai Kepala Bekraf menilai pembuatan komik seperti ini sudah sangat lama dinanti.

"Apa yang dilakukan Marcella saat ini sudah banyak ditunggu. Komik ini merupakan awal, saya sangat dukung cerita Keumalahayati di komikan. Karena di Indonesia sekarang sedang terjadi gerakan positif komik Indonesia," kata Triawan.

Komik Laksamana Keumalahayati bisa didapatkan di toko buku Gramedia. Selain itu, rencananya kisah Laksamana Keumalahayati juga akan dimuat ke layar lebar.

 

Teks : Yogi Rachman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Kahfie Kamaru

 

Baca Juga




Baca Juga

Jackie Chan akan Luncurkan Buku Memoar Never Grow Up
16 06 2018
5 Novel Cinta Islami Populer Ini Cocok untuk Menunggu Waktu Buka Puasa
30 05 2018
Marvel Akan Buat Komik Tentang Mentor Han Solo Muda
24 05 2018
Upaya Edi Purnomo Lestarikan Satwa Liar Lewat Buku Wildtopia
21 05 2018