...
no tags
Anggarini Paramita
16 April 2018

Jakarta, GoHitz.com - Terbentur benda keras, duduk terlalu lama, ataupun keseleo bisa membuat kaki menjadi bengkak. Bila kaki sudah bengkak, aktivitas sehari-hari pun bisa terganggu. 

Untuk itu, perlu dilakukan pengobatan secepatnya agar bengkak pada kaki tidak berlangsung dalam waktu yang lama. Dilansir dari Lifealth.com, setidaknya ada 5 cara pengobatan ala rumahan yang bisa dilakukan untuk mengobati kaki yang bengkak. 

1. Dipijat

Jika kaki bengkak, tidak ada cara yang lebih baik selai dipijat. Memijat bisa menciptakan tekanan pada area yang meradang dan merenggangkan otot yang sakit. Selaon itu, memijat juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan secara efektif mengurangi pembengkakan di kaki. 

2. Gunakan jahe

Jahe adalah rempah yang memiliki manfaat untuk mengurangi pembengkakan pada tubuh. Bila kaki bengkak, Sobat GoHitz bisa menggunakan minyak jahe dan mengoleskannya pada bagian yang bengkak. Selain itu, kamu juga bisa meminum 2 sampai 3 cangkir teh jahe dalam sehari. 

3. Gunakan Garam inggris

Garam inggris memili khasiat untuk meredakan peradangan dan pembengkakan otot. Garam ini kaya magnesium sulfat yang dapat bekerja secara aktif di daerah pembengkakan. Cara menggunakannya dengan mencampurkan setengah cup garam inggris dan air hangat. Lalu celupkan kaki ke dalam campuran tersebut dan diamkan selama 20 menit. Lakukan treatmen ini 3 kali sehari. 

4. Mengonsumsi air lemon

Air lemon juga bisa menjadi solusi untuk mengurangi kaki yang bengkak. Air lemon Ini membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Untuk menggunakannya, tambahkan 2 sendok makan jus lemon ke dalam secangkir air hangat dan minum dua kali dalam sehari.

5.  Gunakan biji ketumbar

Biji ketumbar dapat mengurangi pembengkakan pada kaki karena memiliki sifat anti-inflamasi. Untuk menggunakannya, tambahkan 2 hingga 3 sendok teh biji ketumbar ke dalam 1 cangkir air dan rebus hingga beberapa lama. Setelah itu angkat dan tunggu air rebusan hingga dingin. Setelah itu, minum air rebusan tersebut.

Teks  : Fathur Rochman
Editor : Paramita
Foto : Chairul Rohman

 

Baca Juga




Baca Juga

5 Khasiat Mandi di Laut untuk Kesehatan
16 06 2018
5 Sayuran Penambah Energi
13 06 2018
5 Obat Alami Atasi Bibir Kering
13 06 2018
5 Khasiat Pisang Untuk Kecantikan Rambut & Kulit
12 06 2018