...
no tags
Anggarini Paramita
12 March 2018

Jakarta, GoHitz.com – Kemajuan teknologi dalam hal ini gadget ternyata tidak selamanya membawa positif. Salah satu dampak negatifnya adalah munculnya penyakit kejiwaan baru bernama no mobile phone fobia. Penyakit yang akrab disapa nomofobia tersebut merupakan gangguan mental dimana penderitanya tidak bisa lepas dari handphone dan selalu diliputi kegelisahan jika tidak memegang telepon seluler kesayangannya walau hanya sedetik.

Ada banyak gejala yang bisa menyebabkan Anda dianggap mengalami nomofobia. Namun setidaknya terdapat lima gejala umum seseorang bisa disebut mengalami nomofobia, seperti dirangkum GoHitz dari bergam sumber.

1. Stres

Stres merupakan gejala umum yang sering ditunjukkan seseorang yang mengalami nomofobia. Penderitanya akan muda stress jika tiba-tiba handphone mereka tidak mendapatkan sinyal atau mati akibat daya handphone melemah.

2. Kurang fokus

Masih ingatkah Anda dengan larangan polisi untuk tidak menggunakan fitur GPS di handphone saat berkendara yang baru-baru ini disampaikan. Nah peringatan tersebut kebetulan terkait dengan salah satu gejala nomofobia yakni kurang fokus.

Penderita nomofobia seringkali mengalami kurang fokus karena mereka akan selalu terfokus pada gadgetnya dengan selalu memeriksa notifikasi di layar handphone-nya, tak peduli apakah sedang buang air, makan atau yang lebih berbahaya lagi ketika mengemudi di jalan raya.

3.  Antisosial

Gejala lainnya yang bisa dianggap sebagai gejala nomofobia adalah anti sosial. Mereka yang mengidap kelainan ini akan bersikap cuek atau masa bodoh dengan lingkungan sekitar karena hidup di dunia mereka sendiri karena terus menerus memainkan atau menggunakan handphone. Celakanya banyak dari penderita nomofobia mengalami delusi karena mereka menganggap dunia maya di gadget adalah realitas sesungguhnya.

4. Insomnia

Pengidap nomofobia juga sering susah untuk tidur atau insomnia. ini dikarenakan mereka tidak akan pernah lepas dari handphone-nya di kala waktu tidur dan terus memikirkannya hingga berhasil mengusir rasa kantuk.

5. Gelisah

Gejala lainnya dari nomofobia adalah mudah gelisah. Gejala ini paling sering muncul tatkala pegguna handphone mengalami kekhawatiran berlebihan ketika gadget mereka mati atau jika tidak menyentuh handphone selama sehari rasanya seperti tersiksa.

Teks : Aji Cakti
Editor : Paramita
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

5 Buah Penurun Kolesterol Secara Cepat
23 06 2018
Tidak Muda Lagi, Gini Cara Willy Dozan Jaga Kebugaran
21 06 2018
5 Khasiat Kesehatan Tutut Super Mantap
21 06 2018
5 Khasiat Mandi di Laut untuk Kesehatan
16 06 2018