...
no tags
Anggarini Paramita
9 March 2018

Jakarta, GoHitz.com – Duh, perih! Begitulah rasanya bila sariawan menyerang. Rasanya tidak berselera makan. Hmm… kira-kira penyebab tersering itu apa saja sih?

Menurut Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia Drg. Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, PhD, stres itu menjadi salah satu penyebab paling umum timbulnya sariawan.

“Ketika stres, tubuh menghasilkan hormon kortisol—dihasilkan di otak kecil—dapat merusaka apa pun yang dilewatinya. Hormon ini melewati mukosa (jaringan lunak) di rongga mulut, sehingga muncullah sariawan. Bahkan, sariawan ini tidak hanya terjadi di bibir saja, melainkan juga bagian rongga mulut seperti gusi, tenggorok, amandel, selaput lendir mulut dan lidah,” ungkap drg. Rahmi saat berbincang dalam acara media workshop Mundipharma di Bunga Rampai, Jakarta, Jumat (9/3).

Dokter gigi dari Departemen Ilmu Penyakit Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti ini mengingatkan bahwa tidak semua luka di area mulut disebut sariawan. Sebab, sariawan itu memiliki ciri khas tertentu.

“Memiliki kawah seperti cekungan, berbentuk oval atau bulat, pinggiran merah, dasar luka putih kekuningan, dan sakit. Jadi, kalau yang muncul bintil-bintil di area mulut itu bukan termasuk sariawan,” tegas drg. Rahmi.

Ia melanjutkan bahwa penyebab tersering berikutnya adalah trauma. “Sariawan bisa timbul akibat kawat gigi, gigi ginsul, hingga bibir tergigit,” imbuhnya.

Khusus untuk kaum Hawa, sambung sariawan juga kerap menyerang. Sebab, hormon estrogen turut memicu terjadinya sariawan, terutama masa premenstrual.

Teks : Paramita
Foto : Shutterstock
     

 

Baca Juga




Baca Juga

Meski Pahit, Madu Hitam Punya 5 Khasiat Yang Luar Biasa
17 07 2018
5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menyebabkan Timbulnya Nyeri Punggung
11 07 2018
Ini 5 Manfaat Pedikur, Nomor 2 & 4 Gak Kepikiran Deh!
7 07 2018
Ini Lho Bedanya Inseminasi Buatan dan Bayi Tabung
5 07 2018