...
no tags
Anggarini Paramita
13 February 2018

Jakarta, GoHitz.com - Menjaga kaki tetap terlihat bersih penting untuk dilakukan agar penampilan Sobat GoHitz semakin sempurna. 

Saat kaki tidak dijaga kebersihannya, akan muncul akumulasi sel kulit mati pada kaki. Jika dibiarkan, maka hal itu akan menimbulkan masalah seperti retakan pada tumit atau bahkan timbulnya rasa nyeri pada kaki. 

Dilansir dari Lifehealth, ada beberapa cara dan metode yang bisa membantu merawat kaki agar terbebas dari penumpukan sel kulit mati. Mari disimak satu per satu. 

1. Air hangat

Air hangat dapat membantu untuk menghilangkan sel kulit mati pada kaki. Cara menggunakannya adalah dengan merendamkan kaki pada bak yang berisi air hangat, lalu diamkan selama 20 menit. Sesekali sikat kaki secara lembut untuk membersihkan kotoran yang menempel. Terakhir, oleskan pelembap pada kaki.

2. Garam kasar

Garam kasar atau garam batu mengandung magnesium yang sangat bagus untuk mengurangi jumlah racun serta dapat meningkatkan sirkulasi darah. Cara menggunakannya dengan mencampurkan garam kasar ke dalam bak berisi air hangat. Masukkan kaki ke dalam bak tersebut dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, angkat kaki dan bilas menggunakan air. Terakhir, keringkan dengan handuk, lalu oleskan pelembap.

3. Lemon

Air lemon yang bersifat asam memiliki manfaat untuk menjaga kulit tetap lembut dan terbebas dari sel kulit mati. Cara menggunakannya dengan menambahkan perasan air lemon ke dalam air hangat, lalu celupkan kaki ke dalamnya selama sekitar 20 menit. Gosok kaki secara lembut sampai sel kulit mati terangkat. Angkat kaki dan bilas dengan air. Setelah itu keringkan dan olesi kaki menggunakan pelembap. 

4. Pisang matang

Pisang yang telah matang/masak adalah obat alami untuk menyingkirkan sel kulit mati serta berkhasiat untuk melembabkan kulit. Haluskan dua pisang yang telah matang lalu oleskan pada kaki dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, rendam kaki selama 15 menit ke dalam bak berisi air hangat. Terakhir, bilas kaki hingga bersih dan berikan pelembap. 

5. Soda kue

Baking soda atu soda kue memiliki khasiat untuk membantu menyingkirkan sel kulit mati pada kaki. Caranya dengan menambahkan seperempat sendok baking soda/soda kue ke dalam air mawar lalu rendam kaki ke dalamnya. Biarkan selama 15 menit. Sesekali Sobat GoHitz bisa memijat kaki secara lembut. Setelah itu, bersihkan dan keringkan dengan handuk, lalu lembapkan kaki dengan mengoleskan pelembap.  

Teks : Fathur Rochman
Editor : Paramita
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

Apakah Penggunaan Hijab Berpengaruh Terhadap Rontoknya Rambut?
23 02 2018
5 Cara Ini Bantu Mengurangi Keriput Pada Dahi
22 02 2018
Hilangkan Stres? Ikuti 5 Cara Ini!
17 02 2018
5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet
15 02 2018