...
no tags
Anggarini Paramita
7 February 2018

Jakarta, GoHitz.com - Bila Sobat GoHitz ingin memiliki jantung yang sehat, mulailah bergaya hidup sehat. Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling mematikan yang disebabkan pembentukan plak yang progresif di arteri, yang mempersempit dinding bagian dalam, membatasi dan menghalangi aliran darah. 

Arteri adalah pembuluh darah yang mengantarkan darah kaya oksigen dari jantung ke sel yang berbeda dalam tubuh. Bila terjadi pembentukan, aliran darah menjadi terhambat. Arteri yang tersumbat ini dapat menyebabkan masalah yang lebih serius seperti serangan jantung, stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya. 

Agar jantung dan arteri Sobat GoHitz tetap sehat dan bebas dari penyumbatan, kalian perlu menambahkan 7 makanan ini dalam menu makanan sehari-hari. Makanan ini akan membantu untuk membersihkan plak yang terdapat di dalam arteri. Apa sajakah 7 makanan tersebut? Simak ulasannya berikut ini, yang dikutip dari boldsky

1. Asparagus

Asparagus adalah salah satu makanan yang dapat membantu membersihkan arteri. Makanan ini mengandung serat dan mineral yang akan membantu dalam menurunkan tekanan darah dan mencegah pembekuan darah yang bisa menyebabkan penyakit jantung yang serius. Asparagus mengandung antioksidan yang melawan peradangan dan mencegah oksidasi yang merusak penyebab arteri tersumbat.

2. Alpukat

Buah ini membantu dalam mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik yang membantu membersihkan arteri. Buah yang satu ini mengandung potasium yang diketahui dapat menurunkan tekanan darah.Selain itu alpukat mengandung vitamin E yang mencegah oksidasi kolesterol.

3. Brokoli 

Sayuran ini dapat mencegah penyumbatan arteri karena mengandung vitamin K, yang berfungsi mencegah kerusakan arteri. Brokoli juga menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres serta mencegah oksidasi kolesterol. Sayuran ini juga mencegah pembentukan plak di arteri.

4. Ikan

Tenggiri, salmon dan tuna sarat dengan asam lemak omega-3. Lemak sehat ini bisa membantu membersihkan arteri. Asam lemak omega-3 membantu meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi pembengkakan pembuluh darah dan pembentukan bekuan darah di arteri.

5. Bayam 

Sayuran ini kaya dengan potasium, folat dan serat, yang membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah penyumbatan arteri. Satu porsi bayam per hari membantu dalam menurunkan faktor risiko penyakit jantung seperti aterosklerosis.

6. Tomat 

Tomat mengandung likopen yang membantu menurunkan kolesterol jahat dari aliran darah. Buah ini juga kaya akan serat yang membantu menghilangkan penyumbatan dari arteri Anda. Tambahkanlah tomat di salad dan jus yang Sobat GoHitz buat. 

7. Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan adalah pilihan yang tepat buat Sobat GoHitz yang ingin menjaga kesehatan jantung. Almond adalah pilihan terbaik karena kaya akan lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, serat dan protein. Magnesium yang ada di almond juga dapat mencegah pembentukan plak dan menurunkan tekanan darah.

Teks : Fathur Rochman
Editor : Paramita
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

5 Buah Penurun Kolesterol Secara Cepat
23 06 2018
Tidak Muda Lagi, Gini Cara Willy Dozan Jaga Kebugaran
21 06 2018
5 Khasiat Kesehatan Tutut Super Mantap
21 06 2018
5 Khasiat Mandi di Laut untuk Kesehatan
16 06 2018