...
no tags
Anggarini Paramita
8 January 2018

Jakarta, GoHitz.com - Orang dengan kulit yang sensitif tentu sudah sadar akan risiko yang akan dihadapi. Selain rentan terhadap kerusakan dan jerawat, jenis kulit ini juga sangat reaktif terhadap sebagian besar produk perawatan kulit dan riasan wajah. Terdapat beberapa kiat agar kulit terjaga dengan baik. 

1. Perlakukan kulit dengan lembut

Orang dengan kulit sensitif harus memperhatikan hal yang satu ini. Perlakukan kulit sensitifmu dengan lembut, baik ketika mengoleskan produk perawatan kulit atau menghilangkan make up dari kulitmu. Memperlakukan kulit sensitif dengan "kasar" hanya akan membuat kulit menjadi gatal dan kemerahan. 

2. Tes produk kecantikan sebelum membelinya

Selalu uji produk kecantikan baik produk perawatan kulit maupun produk make up sebelum membelinya. Kamu bisa mengoleskan sedikit produk tersebut pada kulitmu. Biasanya bila tidak sesuai, area kulit yang dioleskan akan menjadi merah atau terasa gatal. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah produk kecantikan ini sesuai dengan jenis kulitmu atau tidak. 

3. Selalu menyediakan tisu pembersih wajah

Tisu pembersih wajah dapat menghilangkan kotoran dari wajah dan mencegah tersumbatnya pori-pori. Adalah hal yang bijaksana bila orang dengan kulit sensitif selalu membawa tisu pembersih wajah ini dalam tas mereka dan bisa menggunakannya kapan pun ketika dibutuhkan. 

4. Selalu menggunakan tabir surya

Kulit sensitif sangat rentan terhadap kerusakan. Bahkan, sedikit paparan sinar ultraviolet dapat menyebabkan peradangan dan juga timbulnya kemerahan pada kulit. Untuk mencegah hal itu terjadi, pastikan kamu selalu melindungi kulitmu dengan lapisan tabir surya, terutama ketika sedang dibawah paparan sinar matahari secara langsung. 

5. Kurangi penggunaan riasan wajah

Menggunakan riasan wajah yang berlebihan pada jenis kulit yang sensitif bisa menyebabkan infeksi yang cukup berat. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, sebaiknya kurangi penggunaan riasan wajah. Sebagai gantinya, usahakan untuk rajin mengonsumsi makanan sehat dan gunakan ramuan alami untuk membantu agar kulitmu bisa terlihat cantik meski tanpa satupun lapisan make up. 

6. Gunakan toner pada kulit

Penggunaan toner dikenal dapat memberikan efek menenangkan pada kulit. Oleh karena itu, bagi kamu pemilik kulit sensitif bisa menggunakan produk yang satu ini. Selain menenangkan kulit, toner juga dapat memberikan dorongan hidrasi yang besar pada kulit. 

7. Bilas dengan susu mentah

Susu mentah diketahui penuh dengan berbagai sifat antibakteri yang dapat mencegah bakteri penyebab infeksi yang bisa merusak kulit dan penyebab jerawat membandel. Setidaknya kamu bisa membilas kulit sensitifmu dengan susu mentah 2 kali seminggu untuk memastikan agar kulit terbebas dari masalah.

8. Gunakan air mawar

Air mawar adalah agen menenangkan alami yang bisa memberikan keajaiban pada kulit sensitif. Jadi, bila kulit kamu sangat sensitif, maka kamu harus 'memanjakannya' dengan air mawar setiap hari. Air mawar bisa mencegah timbulnya gatal dan kemerahan pada kulit sensitif.

9. Kelupas kulit sensitif dengan scrub buatan sendiri

Pengelupasan kulit merupakan langkah perawatan kulit yang penting untuk semua jenis kulit. Tapi sayangnya, meski ada puluhan produk scrub yang tersedia di toko kecantikan, hanya ada sedikit yang sesuai dengan jenis kulit sensitif. Maka dari itu, daripada menggunakan scrub yang dijual di pasaran, lebih baik gunakan scrub buatan sendiri dengan menggunakan ramuan alami. 

Teks : Fathur Rochman
Sumber : Boldsky
Editor : Paramita
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

Suka Minum Beras Kencur? Ternyata Ini Lho Manfaatnya untuk Kesehatan
19 01 2018
Boleh Gak Sih Pakai Styrofoam Untuk Wadah Makanan?
18 01 2018
Ini Lho 10 Manfaat Berjalan Kaki 30 Menit Sehari Untuk Kesehatan
18 01 2018
4 Manfaat Kayu Manis Yang Harus Diketahui
18 01 2018