...
no tags
Maria Cicilia Galuh
24 November 2017

Jakarta, GoHitz.com - Membersihkan telinga dalam beberapa hari sekali merupakan sebuah kebiasaan yang normal. Tapi tahukan Sobat GoHitz, kebiasaan membersihkan telinga secara rutin ternyata bisa menjadi sebuah cara untuk mendeteksi tentang kondisi kesehatan kita. 

Dengan menggunakan bantuan pembersih telinga, Sobat GoHitz bisa mengecek warna dari kotoran telinga untuk mengetahui kondisi kesehatan. Berikut GoHitz akan menjelaskan cara mendeteksinya seperti dikutip dari Boldsky

1. Kotoran telinga berwarna abu-abu

Jika kotoran telinga berwarna abu-abu, tanpa ada gejala lainnya, Sobat GoHitz tidak perlu terlalu merasa khawatir. Itu hanya debu. Warna telinga abu-abu seperti ini biasanya dimiliki oleh masyarakat yang tinggal di kota atau wilayah dengan udara tercemar. 

2. Kotoran telinga dengan bercak darah

Bila Sobat GoHitz melihat bercak darah pada saat membersihkan telinga, itu bisa diartikan ada masalah pada gendang telinga. Bisa jadi telinga kamu terkena infeksi atau sebagainya. Sebaiknya, perlu menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

3. Kotoran telinga berwarna coklat

Bila kotoran telinga Sobat GoHitz berlebihan dan berwarna lebih gelap, seperti coklat, maka ini menunjukkan bahwa tubuhmu tengah mengalami masa-masa penat seperti stres. Inilah kenapa Sobat GoHitz perlu meluangkan waktu untuk sejenak mencari tempat yang menenangkan dan membuat rileks. 

4. Kotoran telinga berwarna hitam

Bila kotoran telinga berwarna hitam hanya terjadi sekali saja, maka Sobat GoHitz tidak perlu mengkhawatirkannya. Tapi bila hal ini terjadi terus-menerus dan telinga merasa gatal yang kuat, maka sebaiknya Sobat GoHitz mengunjungi dokter, karena bisa jadi warna hitam tersebut menandakan adanya infeksi jamur. 

5. Kotoran telinga berwarna putih

Kotoran telinga yang berwarna putih bisa menandakan tubuh sedang kekurangan vitamin dan zat mikro seperti zat besi dan tembaga. Oleh karena itu, sebaiknya Sobat GoHitz lebih banyak mengonsumsi makanan sehat seperti oatmeal pada menu harianmu. 

6. Kotoran telinga dengan bau tidak sedap

Jika kotoran telinga Sobat GoHitz mengeluarkan  bau tidak sedap yang kuat, maka hal itu bisa menandakan bahwa ada infeksi di telinga. Sobat GoHitz mungkin juga merasakan adanya suara bising yang terdengar terus-menerus. Bila dua hal tersebut kamu alami, sebaiknya cepat-cepat mendatangi dokter spesialis. 

7. Kotoran telinga berbentuk cair

Bila kotoran telinga yang biasanya berbentuk padat, berubah menjadi cair, maka hal tersebut bisa mengindikasikan bahwa sedang terjadi proses peradangan. Sobat GoHitz juga sebaiknya pergi ke dokter spesialis untuk penanganan lebih lanjut. 

8. Kotoran telinga kering

Bila kotoran telinga kering, maka itu bisa pertanda tubuh kekurangan lemak. Alasan lainnya bisa disebabkan dermatitis dan penyakit kulit lainnya yang bisa membuat kulit menjadi kering.

 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : food.ndtv.com

 

Baca Juga




Baca Juga

Rahasia Si Kecil Hadapi Era Global
18 04 2018
Inilah Fakta Sarapan Orang Indonesia
18 04 2018
Ini Cara Agar Air Minum Tetap Segar Hingga Berjam-jam
15 04 2018
Pengobatan Ala Rumahan yang Dapat Membantu Mengobati Kaki Bengkak
16 04 2018