...
no tags
Maria Cicilia Galuh
22 November 2017

Jakarta, GoHitz.com - Mempunyai penyakit asam lambung memang tidak mengenakkan. Bila kita salah makan atau salah mengatur pola makan sedikit saja, maka penyakit yang satu ini akan mudah sekali untuk timbul. Lalu bagaimana cara agar penyakit asam lambung tidak mudah timbul? Simak ulasan GoHitz berikut ini. 

1. Jaga pola makan

Penderita penyakit asam lambung harus mengatur pola jam makannya secara teratur. Hal ini agar lambung terbiasa mengeluarkan asam lambung untuk membantu proses pencernaan makanan pada jam yang sama setiap harinya. 

2. Tidur yang cukup 

orang yang memiliki penyakit asam lambung sebaiknya memiliki waktu istirahat yang cukup serta tidak banyak pikiran. Orang yang kurang tidur dan stres akan mengalami gangguan produksi asam lambung yang berdampak buruk pada tubuh. Nah, pada saat tidur sebaiknya posisi tidur menghadap ke kiri. Dengan berbaring ke kiri, asam lambung tidak akan naik ke kerongkongan, melainkan akan masuk ke dalam lubang perut. 

3. Tidak mengonsumsi makan makanan pedas dan asam 

Makanan pedas atau asam memang banyak disukai. Tapi bagi penderita asam lambung, makanan dengan rasa semacam ini sebaiknya dihindari ya. Sebab makanan pedas dan asam bisa memicu naiknya asam lambung. 

4. Menghindari makanan berlemak

Rutin mengonsumsi makanan yang tinggi lemak juga bisa menyebabkan kambuhnya penyakit asam lambung. Makanan berlemak biasanya memerlukan waktu yang lama untuk dicerna. Hal inilah yang bisa membuat asam lambung menjadi naik. 

5. Jangan mengonsumsi minuman berkarbonasi

Minuman bersoda atau berkarbonasi menjadi salah satu musuh utama bagi penderita asam lambung. Minuman berkarbonasi menyebabkan munculnya gas di perut yang bisa memicu naiknya asam lambung.

 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : i.ndtvimg.com

 

Baca Juga




Baca Juga

Cuci Tangan Turunkan Risiko dari Paparan Kuman
15 12 2017
Setelah Melahirkan, Segera Pasang KB
15 12 2017
UHT, Susu nan Praktis dan Sehat
16 12 2017
Ada Selaput Putih di Amandel, Awas Difteri!
15 12 2017