...
no tags
Anggarini Paramita
13 September 2017

Jakarta, GoHitz.com - Yang namanya keseleo bisa terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa kita duga sebelumnya. Bila keseleo itu menimpa kita, tentu sangat menjengkelkan ya. Rasa sakit yang amat sangat pasti akan kita rasakan. Ditambah lagi aktivitas kita akan terganggu akibat adanya keseleo ini.

Yang menjadi pertanyaan berikutnya, apa langkah pertama yang harus dilakukan bila tiba-tiba kita mengalami yang namanya keseleo? Haruskah dipaksakan untuk bergerak? Atau perlu menunggu bantuan orang lain terlebih dahulu?

Berikut GoHitz akan informasikan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama ketika terjadi keseleo yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika pertama kali mengalami keseleo adalah diamkan sejenak terlebih dahulu. Jangan langsung digerak-gerakkan untuk menghindari cedera yang lebih parah pada bagian yang keseleo.

Setelah dirasa sudah sedikit lebih baik, mintalah bantuan seseorang untuk membawamu ke tempat yang lebih nyaman seperti kursi atau kasur. Kemudian kompreslah secara perlahan menggunakan es batu selama 10-15 menit setiap 2 jam sekali.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak pada bagian yang keseleo. Proses pengompresan ini bisa dilakukan setidaknya pada 24 jam pertema setelah terjadinya keseleo.

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah membalut area yang keseleo dengan menggunakan kain pembalut elastis. Membalut bagian yang keseleo dilakukan untuk menjaga tulang atau urat yang keseleo agar tidak semakin bergeser ketika harus digerakkan.

Yang terakhir adalah mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter akan menginformasikan langkah-langkah berikutnya untuk memulihkan bagian tubuh yang keseleo tersebut. Itulah beberapa langkah pertolongan pertama yang bisa dilakukan ketika ada bagian tubuh yang mengalami keseleo. Semoga bermanfaat ya Sobat GoHitz!

Teks : Fathur Rochman
Editor : Paramita
Foto : Shutterstock

 


Baca Juga

5 Manfaat Luar Biasa Mengonsumsi Dark Chocolate
19 09 2017
Waspadai Kanker Payudara Dengan SADARI dan SADANIS
20 09 2017
5 Tip Cegah Alzheimer
20 09 2017
5 Tip Persiapan Menjelang Donor Darah
19 09 2017
PEGI Gelar Pelatihan Dokter Endoskopi Untuk Atasi Penyakit Saluran Cerna
18 09 2017