...
no tags
Maria Cicilia Galuh
7 August 2018

Jakarta, GoHitz.com - Selain jerawat, salah satu permasalahan yang kerap timbul pada kulit wajah adalah pori-pori besar. Masyarakat luas sering menyebutnya dengan istilah 'bopeng'. Masalah pori-pori besar ini bisa diderita oleh siapa saja, baik  laki-laki maupun perempuan.

Ahli Dermatologi, dr. R. Roger Aruan Sp.KK mengatakan timbulnya pori-pori besar ini disebabkan oleh minyak yang berlebih pada wajah. Semakin banyak minyak yang dihasilkan, maka pori-pori pada wajah akan semakin membesar.

"Pori-pori itu muaranya adalah kelenjar minyak. Jadi kalau kelenjar minyaknya aktif, minyaknya banyak, pori-porinya akan besar," ucap dr. Roger saat ditemui dalam sebuah acara di kawasan SCBD Sudirman, Jakarta, Selasa (7/8).

dr. Roger menuturkan, pada tahapan tertentu, keberadaan pori-pori besar ini sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah. Namun, apabila pori-pori semakin membesar, hal ini akan berpengaruh terhadap estetika wajah.

"Ketika semakin melebar maka secara estetika (jadinya) jelek. Gede bolongan ini juga jadi bikin mudah kuman masuk. Kalau yang masuk bakteri dia akan jadi infeksi, kalau kenanya jamur ya jadi jamuran," jelas dr. Roger.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan rutin membersihkan wajah. dr. Roger menyarankan agar memilih produk perawatan wajah yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit agar hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal.

 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

Pertahankan Kecantikan Alami Melalui Rasio Kecantikan Ini
10 08 2018
5 Manfaat Kesehatan Dalam Jus Seledri
9 08 2018
Produk Ini Manfaatkan Arang Hitam Untuk Membersihkan Kulit
7 08 2018
Punya Kulit Sensitif, Gracia Indri Pakai Kosmetik Ini
4 08 2018