Dibaca 682 kali
...
no tags
Anggarini Paramita
29 December 2017

Jakarta, GoHitz.com – Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menghibahkan kapal padewakang yang dipamerkan dalam Europalia Arts Festival Indonesia kepada salah satu museum di Eropa.

“Untuk kapal padewakang sejak awal kita niatkan untuk ditinggal di sana (Eropa),” ujar Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid kepada GoHitz usai menghadiri forum silaturahmi delegasi Europalia Arts Festival Indonesia di Jakarta.

Beliau juga menambahkan penyerahan kapal padewakang ke pihak museum Eropa tersebut nantinyaakan berbentuk hibah. Selain itu, beberapa karya seni rupa seniman Tanah Air yang dipamerkan dalam festival tersebut juga akan dihibahkan.

“Kita akan tinggalkan di sana sebagai monumen dan itu penting, mungkin selama ini orang berpikir kalau bicara tentang sejarah maritim orang selalu bicara tentang pelayaran bangsa Eropa yang datang ke negara ini. Sementara kita jauh lebih dulu,membuat kapal dan memiliki teknologi serta pengetahuan tradisional yang luar biasa bahkan sampai sekarang masih ada,” ujar Hilmar Farid.

Kapal padewakang merupakan salah satu ikon maritim Indonesia yang menarik perhatian sekaligus memukau para pengunjung Eropa dalam pameran “Archipelago: Kingdoms of the Sea” di festival seni Europalia.

Kapal padewakang sendiri sengaja dibuat dan dirakit di dalam museum ternama La Boverie, Liege, Belgia dengan alasan untuk mendemonstrasikan teknik pembuatan kapal tersebut yang unik untuk standar dunia.

Teks : Aji Cakti
Editor : Paramita
Foto : gemalaputri blogspot

 

Baca Juga




Baca Juga

Bukan Cuma Indonesia, 5 Negara Ini Juga Punya Tradisi Mudik
19 06 2018
Pesona Masjid Raya Kota Bandung yang Bersejarah
14 06 2018
5 Fakta Menarik Dewa Perang Ares
5 06 2018
Makna Dibalik Keindahan Batik Mega Mendung
29 04 2018