no tags
Aji Cakti
24 July 2018

Jakarta, Gohitz.com – Budaya dapat menjadi kekayaan sebuah daerah, terlebih lagi jika kekayaan budaya tersebut sudah menjadi way of life atau pedoman hidup masyarakatnya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Hal itulah yang terjadi pada masyarakat Teluk Bintuni. Walaupun dianugerahi kekayaan alam berupa gas dan minyak bumi yang melimpah, kekayaan budayalah yang membuat masyarakat wilayah yang terdiri dari tujuh suku tersebut masih mempertahankan adat istiadatnya.

Wilayah Teluk Bintuni yang terletak di Provinsi Papua Barat terdiri dari tujuh suku. Suku-suku tersebut yakni Suku Irarutu, suku Kuri, suku Wamesa, suku Sebyar, suku Moskona suku Soubg,  dan suku Sumuri.

Tujuh suku di Teluk Bintuni ini masih menjalankan budaya dan adat istiadat dalam aktivitas sehari-harinya. Sikap gotong-royong, merawat lingkungan hidup dan musyawarah merupakan beberapa budaya adat yang masih dipertahankan ketujuh suku ini dan tetap menguat di antara mereka, sebuah upaya positif di mana saat ini budaya leluhur tersebut malah memudar di kalangan masyarakat modern kota-kota besar Indonesia.

Kekayaan adat ketujuh suku ini juga tercermin dari beragam karya budaya yang beragam. Tifa, tarian dan adat tradisional masing-masing suku di Teluk Bintuni menjadi pesona dan kekayaan bernilai bagi wilayah ini.

Bukan hanya menjadi pesona di wilayahnya, pesona budaya ketujuh suku ini juga pernah ditampilkan para pelajar dan mahasiswa asal Teluk Bintuni serta berhasil memukau masyarakat di Yogyakarta. Para pelajar dan mahasiswa tampil dengan mengenakan baju adat dari tujuh suku Teluk Bintuni beserta seni budayanya.

Mengingat betapa bernilainya kekayaan budaya dan adat ketujuh suku Teluk Bintuni tersebut, pemerintah setempat kemudian membangun sebuah monumen yang terdiri tujuh tugu yang melambangkan tujuh suku di Teluk Bintuni.

 

Teks : Suharsana Aji
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Diah KW

 

 

Baca Juga




Baca Juga

Bukan Cuma Indonesia, 5 Negara Ini Juga Punya Tradisi Mudik
19 06 2018
Pesona Masjid Raya Kota Bandung yang Bersejarah
14 06 2018
5 Fakta Menarik Dewa Perang Ares
5 06 2018
Makna Dibalik Keindahan Batik Mega Mendung
29 04 2018